WARKOP SOPHIA

Filsafat

Utilitarianisme

Utilitarianisme dibangun atas dasar prinsip kegunaan (principle of utility) dan prinsip kebahagiaan terbesar (the greatest happines principle). Baik Utilitarianisme tindakan maupun Utilitarianisme peraturan menawarkan jalan keluar dalam menghadapi masalah moral dengan memperhitungkan akibat dan kebaikan lebih besar yang dapat dihasilkan. Tulisan ini akan membahas secara singkat pengertian, keunggulan dan kelemahan dari Utilitarianisme. 

Baca Selengkapnya

Hitam Putih Etika Kantianisme

 Etika Deontologis Kant atau Kantianisme adalah suatu etika yang murni a priori, artinya etika ini tidak didasarkan pada pengalaman empiris seperti untung-rugi atau perasaan enak-tidak enak. Etika Kant seluruhnya dibangun dari prinsip-prinsip yang didasarkan pada akal budi sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara rasional. Oleh karena didasarkan pada akal budi, dasar tindakan moralnya adalah kewajiban.

Baca Selengkapnya

Ada Apa di Balik Manusia?

Seperti halnya para filsuf humanis yang mendefinisikan tentang manusia, Viktor Frankl, seorang profesor dalam bidang Neurologi dan Psikiatri juga mendefinisikan manusia berdasarkan pengalaman pribadinya di kamp konsentrasi Nazi. Viktor Frankl adalah pendiri mazhab ketiga Psikoterapi dari Wina yang disebut aliran Logoterapi. Melalui tulisan ini, saya hendak menguraikan pandangan Viktor Frankl mengenai manusia dengan mendasarkan pada dua pertanyaan pokok yaitu, “siapakah manusia?” dan “kemampuan khas apa yang dimiliki oleh manusia?”

Baca Selengkapnya

Tanggungjawab Seorang Ilmuwan 

“The war is won, but the Peace is Not…” Kalimat ini kalau boleh dikatakan merupakan ungkapan kesedihan Einstein melihat dunia pasca peperangan. Walau perang telah usai, penindasan, penjajahan dan kesenjangan ekonomi masih dialami beberapa negara di dunia ini. Lantas, apakah alat pertahanan negara (senjata) masih diperlukan demi menjaga perdamaian? Toh, perdamaian belum dapat dicapai dengan meledaknya bom atom? Tulisan ini akan memaparkan pendapat Einstein berkaitan dengan perang dan tanggungjawab fisikawan dalam usaha pengembangan senjata.

Baca Selengkapnya

Teologi

Rasul Matius dan Penulis Injil Matius

Injil Matius menurut tradisi Gereja dikarang oleh Santo Matius penginjil. Matius Penginjil dan Rasul dirayakan oleh Gereja Barat setiap tanggal 21 September, sedangkan Gereja Timur merayakannya setiap tanggal 16 November.[1] Sebelum dipanggil Yesus untuk mengikutiNya, Matius merupakan seorang pemungut cukai. Kutipan Injil di atas merupakan sebagian dari kisah panggilan Rasul Matius oleh Yesus menurut Injil Matius. Berikut ini akan dipaparkan asal-usul Rasul Matius, dan beberapa pendapat yang mendukung dan menolak argumen yang menyatakan Rasul Matius adalah penulis Injil Matius yang diperoleh dari beberapa sumber pustaka.

Baca Selengkapnya

Mazmur, Doa Segala Zaman

“To open the book of psalms is to open the door into the worship of all believers in all countries of the world in all centuries from 1.000 B.C till the present time.”[1]

Kalimat ini sangat menantang saat kita mengingat betapa besarnya perbedaan tekanan teologi ditengah Gereja saat ini. Suatu Gereja dapat melantunkan mazmur dengan prosa, yang lain dapat menyanyikannya dengan gaya/bentuk metrikal. Ada begitu besar perbedaan cara berpikir antara pemazmur kuno dengan kita saat ini. Mazmur diperkirakan sudah berusia 3000 tahun.

Baca Selengkapnya

Menimba Semangat Hidup Kontemplasi St.Guido Conforti

Tulisan ini merupakan ulasan singkat kisah Hidup Santo Guido Maria Conforti yang dilihat dari segi hidup kontemplasinya. Begitu banyak hal yang menarik dan mengesan ada dalam figur St. Conforti. Aku bukannya mengabaikan hal yang lain itu. Dalam tulisan ini, saya membatasi diri dengan hanya mengulas dan merefleksikan hidup kontemplatifnya. Sebab, saya melihat bahwa hidup kontemplasi, dalam hal ini pada Kristus yang tersalib, inilah yang menjadi fondasi dalam hidup, panggilan dan karya misionernya. Pengalaman hidup Guido ini kiranya akan memberikan spirit pada tugas pelayanan kita, entah sebagai kaum religius maupun sebagai awam.

Baca Selengkapnya

Devosi, Pengembang Spiritualitas Umat Beriman

Tentu kita tidak asing lagi dengan istilah ‘devosi’. Sejak kecil secara tidak sadar kita telah diajarkan untuk berdevosi baik itu kepada Yesus, Bunda Maria atau pun orang kudus. Dalam devosi kepada Yesus, para kudus atau Santa Maria, kita biasanya diajak untuk memohon pertolongan seperti antara lain: penyembuhan , keberhasilan pekerjaan, jodoh, lulus ujian, tambahan penghasilan, pertobatan, bebas dari hama, wabah, perang dan bencana alam. Akan tetapi, apakah kita mengetahui makna sesungguhnya dari devosi ini? Bagaimana menyikapi kebiasaan-kebiasaan devosional yang sering dilakukan apabila berhadapan dengan liturgi Gereja? Paper ini akan secara ringkas menjawab dua pertanyaan tersebut.

Baca Selengkapnya