SERIKAT XAVERIAN

SERIKAT XAVERIAN

SERIKAT XAVERIAN, sebagai anugerah Roh Kudus untuk kepentingan Gereja dan Kerajaan Allah, membaktikan diri secara penuh dan khusus dalam tugas mewartakan Kristus kepada orang-orang yang belum mengenal-Nya.

Para anggota Xaverian mengikrarkan kaul yang khas sebagai abdi misi dan menyerahkan diri kepada Bapa, yang membuat mereka turut serta dalam perutusan Kristus, Putera Bapa.

Untuk menghayati dan mewujudkan penyerahan diri bagi karya misi secara lebih radikal, para misionaris Xaverian mau mengikuti Kristus dengan kaul: Kemurnian, Kemiskinan, Ketaatan dan Misi.

Hidup merasul dan hidup religius bersama-sama bagi mereka merupakan suatu kharisma yang unik: satu dan lainnya tak terpisahkan.

Bertepatan dengan peringatan 450 tahun Gereja Katolik di Indonesia, bulan Maret 1984, Kapitel Xaverian Provinsi Indonesia memutuskan untuk menerima putera-putera Indonesia menjadi misionaris dalam Serikat Misionaris Xaverian.

Sudah tiba saatnya bagi Gereja Katolik Indonesia yang beranjak dewasa untuk ikut memperhatikan orang-orang yang belum mengenal Kristus, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Empat setengah abad yang lalu St.Fransiskus Xaverius ikut menabur benih injil di Indonesia yang kini tumbuh menjadi pohon besar.

Dewasa ini sudah ada pemuda-pemuda Indonesia yang telah ditahbiskan sebagai imam Xaverian dan diutus sebagai misionaris.