Renungan Th.B Minggu Biasa II

Mencari, Melihat, dan Mengikuti Yesus

1Sam. 3:3b-10,19Mzm. 40:2,4ab,7-8a,8b-9,101Kor. 6:13c-15a,17-20Yoh. 1:35-42

Dalam Injil hari ini (Yoh:1:35-42), Yesus bertanya kepada dua murid Yohanes yang mengikuti Dia dengan berkata,”Apa yang kamu cari?” Pertanyaan Yesus ini jika kita refleksikan secara mendalam sungguh amat indah dan menyentuh hati. Betapa tidak, Yesus mencoba memahami apa yang diinginkan oleh kedua murid Yohanes dengan pertanyaan tersebut. Ketika mereka menjawab dengan kembali bertanya,”Rabi, dimanakah Engkau tinggal?” Yesus menjawab,”Mari dan kamu akan melihatnya!”

Pertama, pertanyaan Yesus ini hendak mengorek tujuan hidup yang ingin dicapai oleh kedua murid tersebut. Pertanyaan ini nampaknya juga tepat untuk ditujukan bagi kita para pengikut-Nya dengan merenungkan kembali pencarian hidup kita di dalam Yesus. Pertanyaan ini membuat kita sadar akan tujuan hidup kita, tentang apa yang sesungguhnya kita cari di dunia ini. Sadarkah kita bahwa Yesuslah yang sejatinya kita cari di dunia ini. Seperti halnya dua murid itu, kita pun akan bertanya dimanakah Yesus.

Mari dan lihatlah!  Jawaban ini mungkin terdengar ambigu karena Yesus sama sekali tidak memberi keterangan pasti, namun menjawabnya dengan suatu ajakan. Jawaban ini pula yang sekiranya tepat bagi kita saat kita tengah mencari arti hidup ini. Yesus mengajak kita untuk melihat sendiri kekayaan hidup yang ditawarkan Yesus melalui teladan hidup-Nya. Dengan mencari dan melihat Yesus, disitulah kita sampai pada proses mengikuti Yesus. Melalui Injil hari ini, kita diajak untuk mencari, melihat, dan mengikuti Yesus di dalam kehidupan kita sehari-hari. Marilah kita senantiasa mencari Yesus di tengah dunia yang semakin sekuler ini dan melihat perbuatan-perbuatan besar-Nya dalam hidup kita. Mari kita mengikuti Dia! Ikut… Ikut.. Ikuti Yesus.. Ikuti Yesus sekarang juga!

(Fr.Willy Yudistira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *