Renungan Mingguan – Adven III

Menjadikan Dunia Satu Keluaga

Renungan Mingguan – Adven III

Menjadi Pembawa Kabar Sukacita

Pada Minggu ini seluruh umat Kristiani memasuki Minggu Adven III. Biasanya Minggu Adven III ini dikenal sebagai “Minggu Gaudete”, dimana artinya bahwa, Minggu ini kita diajak untuk merasakan Sukacita dalam menyambut kelahiran Sang Juruselamat yakni Yesus Kristus. Setelah melewati Minggu Adven I dan Minggu Adven II, kita diajak untuk masuk dalam momen pertobatan dan matiraga, maka Minggu ini ibarat momen “break” bagi kita untuk merasakan Sukacita itu.

Seperti bacaan-bacaan pada hari ini pun identik dengan Sukacita. Dalam bacaan pertama, dimana Yesaya bersukaria oleh karena Roh Tuhan ada padanya. Oleh karena Roh itu pula Yesaya pun pada akhirnya menyampaikan kabar keselamatan yang datang dari Allah kepada orang-orang sengsara dan kepada mereka yang tertawan. Sedangkan dalam bacaan Injil dimana Yohanes dijelaskan bahwa ia bukanlah Mesias, bukan pula Elia, ataupu nabi yang akan datang. Akan tetapi justru dikatakan bahwa ia memberikan kesaksian tentang terang, dan juga sebagai jalan untuk mempersiapkan kedatangan Yesus Kristus yang adalah Tuhan.

Maka melalui bacaan-bacaan ini, kita diajak untuk ikut ambil bagian dalam mewartakan kabar sukacita itu khususnya dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus ke dunia. Agar dengan begitu semakin banyak orang-orang yang semakin mengenal-Nya. Menjadi seorang pewarta bukan hanya para biarawan ataupun biarawati. Kita semua yang sudah dibaptis, melalui Roh Kudus yang telah kita terima, menjadikan kita sebagai pewarta di tengah masyarakat kita. Lalu bagaimana cara untuk mewartakan terang itu? Ya… tentu dengan hidup sesuai dengan ajaran Tuhan, baik itu komunitas, persekutuan, kelompok-kelompok, maupun di lingkup masyarakat lainnya. Dengan cara begitu kita sudah termasuk ke dalam kelompok pewarta itu.

Adapun hal yang bisa kita lakukan lainnya adalah dengan meneladan St. Theresia dari Kanak-Kanak Yesus, yaitu dengan cara melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil namun dengan cinta yang besar. Dengan demikian, marilah kita menjadi pewarta sukacita dan keselamatan itu kepada mereka yang belum mengenal-Nya. Maka dengan begitu pula Yesus Sang Juruselamat yang lahir ke dunia semakin dikenal dan dicintai oleh semua orang.

 

Fr. Falman, SX – Frater Tingkat I

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.