Warta Xaverian Edisi XLIII

Menjadikan Dunia Satu Keluaga

Warta Xaverian Edisi XLIII

 

War And Humanity

Halo readers! Kali ini Warta Xaverian mengambil tema Perang dan Kemanusiaan. Perang telah menjadi bagian yang selalu ada dalam sejarah hidup manusia. Mitos-mitos penciptaan alam semesta seakan mengatakan bahwa alam semesta ini lahir dari perang (dewa-dewi). Perang antara Rusia dan Ukraina yang masih terjadi saat edisi ini terbit tampaknya mendukung sebuah pemikiran tentang apakah manusia tidak bisa lepas dari perang?

Seorang Xaverian memiliki cita-cita yang sama dengan Bapa Conforti yakni menjadikan dunia satu keluarga. Oleh karena itu, masalah perang adalah sebuah masalah yang tidak bisa dibiarkan lewat begitu saja oleh seorang xaverian, tanpa terlebih dahulu direfleksikan. Perlu memahami (atau paling tidak berusaha paham) akan apa itu perang, apa itu kemanusiaan, apa itu dunia sebagai satu keluarga, dan bagaimana sebenarnya hubungan antara perang dan kemanusiaan. Dari situ barulah kemudian kita dapat memutuskan sikap terhadap perang dan mencari solusi-solusi terbaik untuk dapat menghentikan perang yang telah menelan jutaan korban yang tidak bersalah. Kita perlu berefleksi, memeriksa dan mempelajari kehidupan kita masing-masing sebagai manusia.

Apakah memang kita memiliki tendensi ‘berperang’ dengan orang- orang lain di sekitar kita?

Warta Xaverian edisi ini akan mencoba menjawab pertanyaan- pertanyaan seputar perang dan kemanusiaan itu dari refleksi iman berdasarkan pengalaman dan studi filsafat para frater Xaverian. Dengan demikian harapannya adalah bahwa tulisan-tulisan yang tersaji di sini membantu kita mengambil sikap terhadap perang sebagai manusia, dan lebih dari itu memberikan dampak positif akan sikap-sikap praktis yang perlu diambil dalam mewujudkan cita-cita perdamaian. Selamat membaca.

Redaksi

Link pdf Warta Xaverian: https://online.anyflip.com/onmce/bglp/mobile/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.