Mau Tahu Tentang Suster Xaverian?

Mau Tahu Tentang Suster Xaverian?

Xaverian Missionaries of Mary (Xaverian Sisters)

Suster Misionaris (Maria) Xaverian didirikan di Parma, Italia, pada 1945. Benih atau tanda-tanda kemungkinan berdirinya kongregasi Suster Xaverian (Xaverian Missionary of Mary) sebetulnya sudah dipikirkan Mgr. Conforti.

“Dalam Serikat Xaverian, saya ingin memulai satu serikat para Suster Xaverian, sebab saya menyadari betapa pentingnya hal itu.” [Conforti, 1927].

Pembentukan Serikat para Suster ini mulai menjadi kenyataan saat Bunda Celestine Healy Bottego [Kelahiran Glendale, Ohio 20 Des. 1895], menyatakan persetujuannya untuk berkolaborasi dengan P. James Spagnolo, SX untuk membangun komunitas para suster pada tahun 1944 di Italy.

P. Spagnolo dan Bunda Bottego menghendaki komunitas suster yang mereka dirikan itu sebagai serikat suster misionaris. Mereka mengambil inspirasi dari Maria dalam misteri visitasi dan menjadikannya sebagai model atau teladan spiritualitas mereka. Seperti Maria, mereka berkeliling dunia agar semua orang mengenal cinta Tuhan.

Saat ini, Para Suster Missionaris Maria, [Suster Xaverian] hadir di Italy, Brazil, Mexico, USA, Sierra Leone, Cameroon, Chad, Congo, Jepang, dan Thailand.

Mereka melibatkan diri dalam penginjilan, katekese, pelayanan kesehatan, dan promosi kemanusiaan terutama perempuan. Mereka hidup di komunitas misi yang kecil, sering kali di tempat dengan tingkat kemiskinan memprihatinkan.

Mereka berupaya menanggapi aspirasi-aspirasi terdalam Gereja lokal dan orang-orang di mana mereka tinggal, orang-orang yang perjalanan hidupnya, penderitaannya, harapan-harapannya dan cita-citanya dihadapi oleh para Suster Xaverian juga.

Komunitas Internasional mereka yang kecil menunjukkan tanda kelihatan dari seorang, yang dicintai Tuhan dan yang dipanggil-Nyakepada keselamatan“Semoga cinta kasihmu menjadi kebiasaanmu” merupakan undangan dari P. Spagnolo kepada setiap kaum muda yang tertarik untuk menjadi bagian dari kongregasi ini

Jika Anda ingin mengenal lebih dalam soal suster Xaverian, Silahkan kontak mereka di:

Xaverian Missionaries of Mary – Xaverian Sisters

Tulisan disadur dari laman Xaverian USA, oleh Fr. Patris Arifin, Sx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *