Dialog Agama Hindu: Keselamatan dalam Agama Hindu

Dialog Agama Hindu: Keselamatan dalam Agama Hindu

begging1Cempaka Putih-Wisma Xaverian, dalam acara dialog perdana tahun ajaran 2014/2015, Komunitas Skolastikat Xaverian mengadakan dialog antaragama yang bertema “Mengenal Ajaran Keselamatan dalam Agama Hindu”. Tema ini dipaparkan oleh Bp. Ida Made Sugita. Dalam pemaparannya, beliau menyatakan bahwa setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih, memilih yang baik atau yang buruk, tetapi segala hal yang telah kita perbuat akan menemukan balasannya pada saatnya nanti.

 

 

 

Beliau pun memaparkan tentang lima dasar Keyakinan dalam agama Hindu, yaitu 1) percara dengan adanya Brahman/Tuhan; 2) Atman; 3) reinkarnasi; 4) Karmaphala; dan 5) Moksha yang berarti kebebasan atau kebahagiaan. Berangkat dari hal tersebut, setiap manusia yang memeluk agama Hindu memiliki tujuan hidup yang tertuang dalam Dharma yang berarti kebenaran; Artha yang berkaitan dengan hal-hal materi yang membantu untuk menjalankan kehidupan; Kama yang berarti keinginan manusia dan Moksha yang berarti kebebasan menuju kebahagiaan.

Agama Hindu memang menjadi tema yang menarik dalam acara dialog bulan September ini. Agama Hindu seperti angin segar yang memberi kesejukan bagi manusia yang mengalami kegerahan dalam hidupnya. Tidak lupa juga bahwa dalam acara dialog, audience, nara sumber dan anggota komunitas melanjutkan jalinan kasih tersebut melalui diskusi, tidak hanya dalam forum pertemuan, tetapi juga dalam forum ruang makan yang senantiasa menguatkan rasa saling mengenal dan persaudaraan.

IMG_0129Hendaknya kita semua semakin bersaudara tanpa memandang hal-hal lain, selain pribadi itu sendiri.

beging

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: