Kunjungan Santri Dan GKI Kwitang

Kunjungan Santri Dan GKI Kwitang

Xaverian

CPR_03 Maret 2014. Dalam kenyataan Indonesia yang plural,  perjumpaan dengan umat beragama lain adalah keniscayaan. Kesadaran akan hal itu mendorong keluarga Serikat Misionaris Xaverian Komunitas Skolastikat Cempaka Putih  Raya 42  untuk mewujudkan mimpi “Menjadikan dunia satu keluarga” dalam pertemuan-pertemuan dialogis.  Ada dua kegiatan yang hendak ditulis di bagian ini. 

1. Kunjungan Santri dari Pesantren Ciganjur.

Xaverian

Sejak tiga tahun yang lalu, komunitas Skolastikat Xaverian telah menjalin relasi yang  intens dengan Pesantren Ciganjur. Hal itu diawali dengan pengutusan dua frater  Xaverian untuk live-in di Pesantren Ciganjur  selama satu bulan.  Suasana  persaudaraan terus tumbuh. Beberapa bulan setelah live-in, Para Santri diundang  untuk berdiskusi di Wisma Skolastikat  Cempaka Putih Raya. Kemudian pada  November 2011,  para frater mengadakan kunjungan balasan ke Pesantren Ciganjur.   Demikianlah hal itu terus berlanjut.

Pada 31 Januari  2014, perjumpaan  kembali terjadi dalam momen untuk mengenangkan Hari  Natal umat  Kristiani. Sejatinya pertemuan ini dijalankan pada hari raya Natal. Akan tetapi tidak terlaksana karena satu dan lain hal. Dalam kesempatan ini, dirayakan juga ulang tahun dari para konfrater yang lahir pada bulan Januari. Anggota komunitas Skolastikat Xaverian dan  Para Santri dari Pesantren yang didirikan Gus Dur ini  menikmati rangkaian acara sederhana nan kocak dengan penuh persaudaran.

Xaverian

Xaverian

2. Kunjungan Kaum Muda GKI Kwitang

Xaverian

Xaverian

Sama halnya dengan Pesantren Ciganjur,  Komunitas Skolastikat Xaverian juga menjalin relasi yang intens dengan komunitas GKI Kwitang. Hal itu diwujudkan dalam beberapa kunjungan yang telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.  Pentingnya kesatuan sebagai keluarga Kristiani menjadi kesadaran bersama dan telah memotivasi dua komunitas ini.

Xaverian

Xaverian

Momen yang tepat untuk merayakan harapan akan kesatuan keluarga Kristiani  adalah Pekan Doa Sedunia untuk kesatuan Umat Kristiani yang lazimnya dijalankan  pada 18-25 Januari tiap tahun.  Akan tetapi berhubung pada tanggal-tanggal  tersebut, situasi dan kondisi kurang memungkinkan,  pertemuan kedua komunitas  baru terlaksana pada  Sabtu, 08 Februari 2014.  Dalam kesempatan itu, sekelompok  muda-mudi GKI Kwitang berkunjung ke komunitas Skolastikat Xaverian 42.  Pertemuan sederhana ini berlangsung dalam suasana persaudaraan.

Mari terus berusaha bagi dunia yang lebih baik, dunia yang damai seperti Surga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: