Pesta St. Fransiskus Xaverius, Pelindung Serikat Xaverian

Pesta St. Fransiskus Xaverius, Pelindung Serikat Xaverian

Xaverian

            Komunitas-komunitas Serikat Xaverian di Jakarta merayakan pesta St. Fransiskus Xaverius, Pelindung Serikat Xaverian, pada Minggu, 01 Desember 2013 di Wisma Xaverian Bintaro. Pesta yang secara liturgis dirayakan pada 03 Desember ini turut dihadiri oleh 180-an para sahabat Xaverian yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

            Perayaan diawali dengan misa meriah yang dibawakan secara konselebrasi dengan selebran utama, P. Yakobus Sriyatmoko, SX.  Magister Novisiat yang lama bertugas di Kamerun ini, dalam kotbah menegaskan pentingnya bagi setiap orang untuk merasakan kasih Tuhan. Penegasan ini sesuai dengan tema perayaan tahun ini “Hai Segala Bangsa, Sadarilah Kasih Tuhan”. “Menurut saya, sumber utama kebahagiaam adalah ketika kita merasa dicintai oleh s

Xaverian

Xaverian

esama dan terutama Tuhan,” ujar pastor yang menguasai bahasa Italia ini.  Dengan kesadaran akan kasih itu, lanjutnya, setiap orang akan terdorong   seperti St. Fransiskus Xaverius untuk mewartakan kasih Allah kepada   semua orang.

            Setelah Misa, Pastor Gerris Sangla Rantetana, SX, anggota Direksi   Provinsi

Xaverian Indonesia, memaparkan keadaan Serikat Xaverian Indonesia   dalam setahun terakhir. Hal itu mencakup jumlah imam, frater Xaverian   Indonesia dan pengutusan mereka ke daerah misi. “Jikalau kita melihat   jumlah para calon imam Xaverian Indonesia yang mencapai 60 orang ini,   jelas kita optimis dengan perkembangan serikat,” ujar pastor yang   berkarya cukup lama di Bangladesh ini.

            Acara dilanjutkan dengan perkenalan para frater Xaverian dari komunitas Skolastikat, Novisiat, dan Pranovisiat.  Acara ditutup dengan makan siang bersama.  

 

 

           

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: