Dialog Antaragama Bulan Oktober

Dialog Antaragama Bulan Oktober

Xaverian

By: Sie Dialog Skolastikat

Pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013 komunitas Serikat Xaverian Cempaka Putih Raya mengadakan dialog dengan tema bedah buku The Trouble with Islam Today yang ditulis oleh Irshad Manji, seorang aktivis Islam kelahiran Canada dan seorang lesbian yang juga menulis  Allah, Liberty and Love.

Dalam dialog tersebut Mbak Nong, aktifis feminisme, menjadi narasumber utama. Mbak Nong memberi catatan bahwa buku tersebut memberikan kritik kepada umat Islam tentang bagaimana hidup dalam agama Islam. Dalam buku tersebut Irshad Manji mengajak umat Islam untuk bangkit dari dogmatisme-dogmatisme sempit yang membuat orang tidak bebas dalam menjalankan hidupnya.

Dialog Antaragama

Dialog Antaragama

Istilah penting yang digunakan oleh Irshad Manji dalam memberikan   dorongan agar umat Islam mampu bebas dari dogmatisme-dogmatisme   sempit adalah ijtihad. Istilah tersebut memiliki makna kebebasan berpikir.  Dalam hal ini istilah kebebasan bukan berarti setiap orang   memiliki kebebasan masing-masing dalam hal menafsirkan al-Quran.   Akan tetapi, yang dimaksud dengan kebebasan adalah agama mampu   membawa manusia pada rasa bebas itu sendiri, tidak terikat pada   dogmatisme agama yang membuat manusia hidup dalam kesempitan.   Dalam hal ini yang terpenting adalah diri pribadi. Agama menjadi   penuntun manusia dalam pengembangan hidup dan kebebasannya.   Menurut Mbak Nong, Indonesia butuh sosok seorang Irshad Manji untuk   mengubah pola pikir umat Islam di Indonesia dalam hal mengamalkan    agama Islam itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: