HUT RI KE-68 RT 012: Menjadikan Dunia Satu Keluarga

HUT RI KE-68 RT 012: Menjadikan Dunia Satu Keluarga

Setelah 68 tahun negara kita merdeka, apakah kita sungguh-sungguh merdeka? Kita masih harus terus mengisi kemerdekaan dengan berbagai kreativitas termasuk memperdalam relasi sesama warga,” demikian ditegaskan Bapak Jumali, Ketua RW 004  Cempaka Putih dalam acara syukuran HUT RI ke-68, pada 24 Agustus 2013,  yang diadakan di lapangan olahraga Wisma Skolastikat Xaverian Cempaka Putih Raya 42, Jakarta Pusat.

Acara memeriahkan HUT RI ke-68 ini,  merupakan acara yang ditunggu warga RT 012 karena acara semacam ini terakhir kali dijalankan empat tahun yang lalu. Acara ini diprakarsai oleh pengurus RT 012 dan ditindaklanjuti oleh kepanitiaan yang berisikan anak-anak muda. Tak ketinggalan beberapa frater skolastikat mengambil bagian dalam kepanitiaan, diantaranya Fr. Tatno, Fr. Erik, Fr. Heri, dan Fr. David. Mereka dilibatkan dalam mengurus kelengkapan acara dan Master of Ceremony (MC).  Fr. Kasimirus, bahkan dipercayakan untuk menghias gapura dengan lukisan yang keren dan kreatif. Semarak  HUT RI ke-68 di RT 012 ini terasa selama beberapa hari mulai 15 s/d 25 Agustus.  Hal itu diperlihatkan dengan keindahan lambaian ratusan bendera kecil merah putih yang  dibentangkan di sepanjang lorong jalan-jalan RT 012, gapura yang dicat baru dan dilukis, rangkaian acara lomba dan syukuran pada 24 Agustus, dan jalan santai pada 25 Agustus pagi.

Berkat berbagai acara dalam event ini,  kegembiraan dirasakan oleh segenap warga RT 012, terutama oleh warga komunitas Skolastikat Xaverian CPR 42.  Bagaikan menyambut kerinduan para warga skolastikat untuk memperdalam relasi dengan warga sekitar,  acara ini menggerakkan keterbukaan komunitas untuk semakin mewujudkan mimpi St. Guido Maria Conforti, “menjadikan dunia satu keluarga”.

Betapa tidak, setelah beberapa tahun merasakan keindahan dalam dialog antaragama setiap bulan di komunitas, inilah kesempatan emas untuk mewujudkan nilai-nilai cinta kasih secara lebih sederhana dan konkret  kepada tetangga. Suasana yang rileks, cair, dan hangat yang terungkap dalam canda tawa sepanjang kegiatan HUT RI ke-68 ini,  meneguhkan para kawula muda Conforti bahwa kita dapat mewujudkan “iman yang hidup, yang melihat, mencari, dan mencintai Allah”  dalam kegiatan-kegiatan semacam ini.

Xaverian

Xaverian

Suasana yang hangat juga diperlihatkan oleh canda tawa Pastor Matteo   dengan para tokoh masyarakat, seperti ketua RW, para sesepuh, pejabat   lurah, dan segenap warga RT 012.  Ada juga para frater yang dengan penuh persaudaraan menyanyikan lagu-lagu perjuangan bersama warga. Kegembiraan

penuh persaudaraan juga tampak dalam acara-acara lomba, makan  bersama, dan pengambilan hadiah.

Semua hal baik yang dialami dan diperlihatkan sepanjang kegiatan HUT  RI ke-68 RT 012 ini, kiranya tetap menjadi dambaan semua warga RT 012.  Hal itu terutama menjadi dambaan kita sebagai Xaverian sehingga kita  menjadi saksi-saksi  hidup yang membawa kabar baik kepada dunia   bahwa hidup rukun dan damai dalam kasih itu mungkin. Sampai jumpa  HUT RI ke -69 tahun depan !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: