P. Fernando: Hayati Liturgi dengan Benar

P. Fernando: Hayati Liturgi dengan Benar

Xaverian

“Liturgi merupakan  puncak kegiatan Gereja, yang dipandang sebagai pelaksanaan tugas imamat Kristus, dan melalui tanda-tanda lahiriah, pengudusan manusia dilambangkan,” demikian ditegaskan P. Fernando Abis, SX, dengan mengutip Konstitusi Tentang Liturgi Suci Vatikan II, dalam Acara Rekoleksi Komunitas di Skolastikat Xaverian, Cempaka Putih Raya 42, Jumat, 23/08/2013.

Xaverian

Xaverian

Kegiatan yang diadakan setiap bulannya itu,  dimulai pada pukul 17.00 dan diikuti oleh  seluruh anggotan Skolastikat: 4 pastor dan 22 Frater. P. Fernando Abis, sebagai  pemimpin rekoleksi,  menegaskan pentingnya kesadaran akan inti liturgi, yang mana  kita sebagai anggota Tubuh Mistik Kristus merupakan pelaku, sehingga perlu  merayakan liturgi secara sadar, aktif, dan bermakna. Untuk itu dibutuhkan  persiapan  pribadi yang cukup sebelum sebuah kegiatan liturgis dijalankan. “Untuk misa pagi,  kalau pergi lari pagilah sebelumnya, biar  segar,” tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Vesper bersama pada pukul 18.40 dan makan malam  pukul 19.00. Pada pukul 20.00-21.00, diadakan sharing bersama di Kapel Skolastikat.  sebagian besar anggota komunitas mengaku mendapatkan banyak pencerahan dari  rekoleksi kali ini. Proficiat dan selamat menjalankan liturgi dengan baik dan benar.

Laporan: Fr. David, SX

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: